Musik

Dari Pembajakan hingga Lagu Anak

Pada peringatan Hari Musik Nasional, sudah selayaknya Pemerintah mulai memperhatikan persoalan terkait dengan hak kekayaan atas intelektual para musisi, pelestarian lagu-lagu daerah, dan tentu saja melestarikan lagu untuk anak-anak yang semakin tahun kian hilang.

Read More

Menghargai Musik Setiap Saat

Ya, Solo selalu dinamis. Musik menjadi salah satu arena pemersatu bangsa. Bagiamana jika suatu bangsa tidak memiliki musik? Lalu bagaimana jika sebuah bangsa tidak memiliki lagu kebangsaan Negara? Tentu hal ini sangat aneh. Musik bisa membangkitkan semangat, adrenalin, dan mencipktakan mood tersendiri.

Read More

10 Tahun Eksis dalam Edukasi dan Sosialisasi Musik Jazz

Sebagai sebuah wadah belajar dan bermain musik, Solo Jazz Society merupakan satu dari beberapa komunitas yang tetap eksis dan konsisten di jalurnya. Jazz adalah tentang improvisasi dan apresiasi. Membawa nilai kebebasan yang bertanggungjawab. Free on the rules.

Read More

Lokananta, Penjaga Warisan Musik Indonesia

WALDJINAH masih tampak cantik dan muda ketika mengenakan busana jawa, berselendang merah, dan berkemben biru muda. Wajahnya sangat cantik. Legenda hidup musik keroncong itu berpose dalam sebuah frame foto untuk sampul album berjudul “Katju Biru”

Read More

NDX AKA Buat Gempa Lokal di Alkid

Grup hiphop asal Yogyakarta, NDX AKA – PJR Microphone tampil tanpa cela dalam puncak pergelaran HUT Ke-12 TATV di Alun-Alun Kidul (Alkid), Surakarta, Sabtu (15/10/2016).

Read More

Idolakan Endank Soekamti (2-Habis)

“Saya kagum Endank Soekamti. Sebelum terkenal, saya memang ingin seperti Endank Soekamti, tiap konser didatangi ribuan fans dengan membawa bendera. Dan itu, alhamdulillah saat ini terwujud dengan adanya Familia,” tuturnya.

Read More

Curhatan Hati Membawa Rezeki (1)

“Saya mulai mencipta lagu saat duduk di kelas 3 SMP. Iseng-iseng nulis lirik dari kisah percintaan sehari-hari. Tak disangka, banyak yang suka. Bisa dikatakan, lirik yang saya ciptakan dari curhatan hati, lalu membawa rezeki,” kata Yonanda.

Read More

Ari Soekamti Mundur

SOLO, MANTEB.com – Drummer Endank Soekamti, Ari Hamzah, atau yang dikenal Ari Soekamti secara mengejutkan menyatakan, mundur mulai 22 Juni 2016.

Read More