(ilustrasi rambut rontok)

SOLO, MANTEB.Com – Sering sebagian dari kita mengalami masalah atau gangguan dalam hal penampilan, khususnya dalam hal rambut. Rambut memang menjadi mahkota dalam tubuh kita, jika tidak merawatnya dengan baik, tentu akan berakibat buruk juga baik dalam hal kesehatan, atau dalam hal penampilan.

Salah satu permasalahan yang menjadi momok menakutkan adalah jika kita mengalami kerontokan rambut, selain menjadi hal yang menyebalkan, kerontokan yang berlebih malah bisa membuat kepala kita menjadi gundul alias botak.

Jika kita tidak mau mengalami kerontokan rambut, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini tim MANTEB HEALTH merangkumnya.

1.Minyak Zaitun
Minyak ini terkenal sekali dan sudah banyak yang menjualnya. Ada minyak zaitun yang bisa diminum dan tidak. jika bisa di minum, itu merupakan jenis minyak zaitun asli tanpa ada nama brand di kemasannya. Jadi untuk masalah kerontokan rambut, langsung saja mengoleskan minyak zaitun ke bagian rambut dan lakukan cara ini tiap hari, untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Minyak Lavender
Minyak ini bisa di beli di toko herbal. Kegunaan yang sering dipakai pada minyak lavender adalah untuk mengatasi rambut rontok. Pemakaiannya sama saja dengan minyak lainnya, langsung saja dibalurkan pada rambut, lalu pijat. Lakukan cara ini dengan rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak Kelapa
Minyak yang satu ini sering kali di gunakan untuk mengatasi rambut rontok yang cara pakainya, bisa langsung di oleskan ke rambut. Tiap hari, pakailah minyak kelapa ini, biar rambut yang mengalami kerontokan berkurang.

4. Lidah Buaya
Memang tanaman ini menjadi sebuah andalan bagi siapa pun yang berhubungan dengan rambut karena manfaat yang dituangkan sangat banyak sekali. Bukan masalah rambut saja yang bisa diatasi dengan lidah buaya, tapi penyakit pun bisa di tangani. Kita bisa mendapatkan lidah buaya di kebun atau bisa kita beli di tempat penjualan tanaman hias.

Cara memakainya yaitu cukup menggunakan lendiran atau gelnya yang dioleskan ke rambut. Kemudian didiamkan sejenak lalu dipijat perlahan. Lakukan cara ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

5. Teh Hijau
Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, kandungan yang dimiliki teh hijau ini selain bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. Langkahnya adalah dengan menyeduh teh hijau, dan membiarkannya selama beberapa hari, hingga basi. Jika sudah, baru usapkan ke rambut dan diamkan selama lima menit sambil dipijat. Bersihkan dengan air dan gunakan tiap hari. Cara ini mudah sekali tanpa membutuhkan bahan tambahan lainnya.

6. Kemiri
Bahan yang satu ini, memang berkhasiat sekali untuk masalah rambut dan bahannya pun juga mudah di temukan. Kemiri yang berbentuk kecil, bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cara mengolah kemiri untuk mengobati rambut rontok yaitu dengan dijadikan minyak. Ada dua cara, pertama adalah kemirinya dibakar dan kemudian ditumbuk sampai menghasilkan minyak, lalu pakai minyak itu untuk dioleskan ke rambut. Yang kedua, direbus dan jika sudah matang, minyaknya akan mengapung. Minyak tersebutlah yang digunakan dengan cara diusap ke rambut. Namun untuk cara mudahnya, kita dapat membeli minyak kemiri di toko terdekat yang menyediakan.

Selamat mencoba, dan selamat tinggal rambut rontok.

 

Penulis : Dhika Lukmana
Editor : Wahyu Setiawan