(Dok Dhika Lukmana)

SOLO, MANTEB.Com – Pie Susu, bila kita melihat kue yang satu ini, pasti sesegera mungkin kita langsung bergegas untuk cepat-cepat menyantapnya. Kue yang mempunyai bentuk bulat unik dan memiliki tekstur yang lembut, serta ukuran yang mungil ini memang benar-benar menggugah selera kita untuk selalu lapar dan memakannya.

Sampai saat ini asal muasal kue pie susu memang belum diketahui, namun kebanyakan orang mengatakan bahwa kue ini berasal dari Pulau Dewata, Bali. Meski begitu, sekarang ini banyak daerah-daerah tertentu yang berusaha mengklaim sebagai pencetus kue pie susu tersebut.

Berbagai bisnis kuliner rumahan pun banyak yang sudah mulai menjual kue pie susu ini. Sekarang tidak perlu ke Bali untuk menyantap kue ini, di beberapa daerah, terutama di Jawa Tengah pun sudah mulai bisa ditemui.

Salah satunya pie susu yang ada di Kabupaten Sukoharjo, yaitu pie susu Fahiya. Dari ketertarikan tentang kue pie susu yang dibawa oleh anaknya dari Pulau Bali, Nanik Hastuti, mencoba mengkreasi kue pie susu khas Bali dengan olahan sendiri di rumahnya. Meskipun pada awalnya sering mendapati banyak kendala, mulai dari bentuk kue yang tidak beraturan, sampai gosong di tiap sisinya, tetapi perempuan yang berprofesi sebagai guru tersebut tidak pernah patah semangat untuk mencobanya, sampai mencapai bentuk dan rasa kue pie susu sesuai yang diinginkan.

Kue pie susu buatan Nanik bisa jadi cocok untuk dijadikan camilan dan teman saat minum kopi ataupun teh. Tidak terlalu manis, tidak terlalu hambar, tapi perpaduan dari rasa gurih, manis, dan tekstur susunya yang menjadi bahan utamanya ini terbilang tepat dan sesuai takaran, sehingga menghasilkan kualitas rasa yang lezat.

Perjalanan untuk menuju titik ini bisa dibilang tidaklah mudah, perlu kerja keras dan keuletan dalam menekuninya. Seperti yang dilakukan oleh Nanik sejak tahun 2014 lalu, mulai dari uji coba membuat kue pie susu, pelan-pelan mulai memasarkannya sendiri, mendesain logonya sendiri, hingga akhirnya kue pie susu dengan merek Fahiya buatannya ini mampu menembus pasar Solo Raya. Kini, pie susu khas Nanik banyak dicari orang untuk menjadi oleh-oleh ataupun sebagai camilan yang tidak membosankan untuk teman ngeteh atau ngopi.

“Pie susu semakin dikenal, menjadi pilihan oleh-oleh di Kota Solo, dan bisa membuat pusat oleh-oleh khususnya di daerah Cemani, serta pie susu Fahiya bisa menjadi kue hantaran yang membumi,” harap Nanik.

Satu bungkusnya dengan isi 10 pie susu, Nanik menjualnya dengan harga Rp25 ribu, baik untuk ori, maupun cokelat. Selain pie susu, Nanik juga menyediakan produk makanan ringat lain seperti lapis legit, pie buah, putri salju almond, kastengel, dan nastar gulung. Buat Anda yang penasaran menikmati kue pie susu Fahiya, bisa langsung datang ke pusat oleh-oleh terdekat, atau langsung menuju tempat pusat penjualannya di Jl Pakis No 71, Cemani, Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

 

Penulis : Dhika Lukmana
Editor : Wahyu Setiawan