ANEKA JENIS: Di toko-toko tersebut dijual beraneka jenis kurma, dan oleh-oleh haji dengan harga yang berbeda-beda. (manteb.com/dhika-way)

SOLO, MANTEB.Com – Jika ada istilah ‘berbukalah dengan yang manis-manis’, maka pernyataan ini mungkin sangat pas jika kita melintas di Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo. Di sepanjang tersebut terdapat banyak toko yang menyediakan aneka macam kurma manis yang cocok untuk berbuka puasa, dan beragam oleh-oleh haji. Tidak hanya satu toko saja, di sini terdapat puluhan toko yang menyediakan kurma grosir maupun eceran yang siap memanjakan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Aneka jenis kurma dijual dengan harga yang berbeda-beda. Seperti contoh Kurma Lulu dijual Rp50.000 per kilogram, Kurma Mesir Rp25.000 per kilogram.

Kurma memang menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, selain teksturnya yang manis, kurma juga kaya akan manfaat. Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi, dan umumnya berasal dari jenis glukosa dan fruktosa. Jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami, jadi tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Selain itu, kurma mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum yaitu membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi ototk serta berperan dalam tekanan darah. Kurma juga kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium ini berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung.

Kandungan di dalam kurma juga berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena, kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan. Kalium membantu menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, jenis makanan yang satu ini sangat tepat untuk kita saat berbuka puasa setelah seharian tidak tersuplai makanan.

Bagi kalian yang ingin berburu kurma, sari kurma, kacang Arab, kismis, habbatussauda, air zam-zam, susu kambing etawa, dan minyak zaitun, semua lengkap tersedia di toko-toko sepanjang Jalan Kapten mulyadi, Pasar kliwon, Solo ini. Selamat berbelanja dan siapkan menu berbuka dengan yang manis-manis.

 

Penulis : Dhika Lukmana
Editor : Wahyu Setiawan