PEMBICARA: Chief Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha saat menjadi pembicara dalam seminar bertajuk “Sejahtera Bersama Asuransi Syariah”, Kamis (23/3/2017). (manteb.com/dawam-way)

SOLO, MANTEB.com – PT Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)  menggelar seminar edukatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi syariah. Seminar bertajuk “Sejahtera Bersama Asuransi Syariah” ini digelar di Hall Aminah, Hotel Multazam Kartasura, Sukoharjo, Kamis (23/3/2017).

Dalam seminar tersebut, menghadirkan pembicara dari Sun Life Financial Indonesia, MES, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seminar yang bertujuan memberikan pemahaman komprehensif tentang nilai-nilai utama dan manfaat ekonomi dan asuransi syariah ini dihadiri sekitar 250 peserta.

Chief Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha menjelaskan tujuan kerja sama Sun Life dengan MES adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan finansial syariah. Selain untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah khususnya, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk membuka wawasan baru mengenai besarnya peluang bisnis yang ditawarkan oleh asuransi syariah. “Tujuan dari acara ini sebenarnya adalah memberikan literasi keuangan, tapi lebih spesifik lagi pada asuransi syariah,” kata Norman.

Asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas tanpa memandang latar belakang sosial dan kepercayaan yang dianut. Pemahaman yang baik akan asuransi syariah juga dirasa perlu mengingat kita semua tidak tahu risiko finansial apa yang akan terjadi di masa mendatang.

“Pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah itu masih sangat rendah, sementara produk-produk asuransi syariah itu sebuah produk yang memang dirancang untuk langkah antisipasi terhadap risiko finansial manusia di masa depan,” lanjut Norman.

Menurut Norman, pentingnya sosialisasi dan edukasi yang berkelanjutan mengenai asuransi syariah menjadikan Sun Life terus memperkuat komitmennya untuk mendorong pertumbuhan sektor ini. Komitmen ini diwujudkan dengan mengenalkan positioning baru agensi syariah Sun Life sebagai Modern Syariah Insurance Expert (MSIE) yang menjadikan pembeda dari keagenan asuransi syariah lain di pasarnya.

“Untuk menjembatani gap kebutuhan terhadap sebuah perencanaan keuangan syariah di masa depan pada masyarakat Indonesia, serta menyelaraskan misi Sun Life Financial Indonesia, yaitu mensejahterakan keluarga Indonesia melalui kemapanan secara finansial,” ujar Norman.

Keunggulan utama agen asuransi syariah Sun Life adalah terlatih secara profesional dan memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas, didukung program pelatihan yang lengkap dan berkelanjutan serta besarnya potensi pasar di wilayah Solo Raya.

Dipilihnya Kota Solo menjadi salah satu kota penyelenggara seminar ini dilatar belakangi oleh potensi sosial, budaya, dan ekonomi Kota Solo dan sekitarnya. Solo sebagai salah satu kota perdagangan terpenting di Jawa Tengah memiliki aktivitas bisnis yang tinggi dan menjadi pasar potensial bagi pengembangan asuransi syariah.

 

Penulis : Dawam Rizawan Taufiq

Editor : Wahyu Setiawan