MEMBUKA PAMERAN: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta, Nur Haryani saat membuka Pameran UKM Expo di Paragon Mal Solo, Kamis (6/7/2017). (manteb,com/andi-way)

SOLO, MANTEB.Com – Pembukaan Pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) Expo Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surakarta dibanjiri 800-an. Pengunjung terlihat sudah memadati Atrium Paragon Mal, Solo sejak Kamis (6/7/2017) pagi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta, Nur Haryani saat ditemui di sela-sela acara menjelaskan acara tersebut bertujuan untuk menyaring pelaku usaha yang berkualitas. Dia berharap dengan bertambahnya pelaku usaha tersebut mampu menyerap tenaga kerja di Solo dan sekitarnya.

“Serapan tenaga kerja berdampak dalam peningkatan perekonomian masyarakat,” terang Nur Haryani.

Dia menambahkan, acara tersebut dibanjiri pengunjung karena menampilkan beberapa kreativitas unik dari para pelaku usaha. Nur Haryani menambahkan ada beberapa kategori pemenang yang nantinya akan diikutkan dalam even Inacraft, Apeksi, Gebyar Batik Nusantara, dan mendapat hadiah uang pembinaan.

“Pemenang dalam Pameran UKM Expo ini akan mewakili ke even yang lebih besar,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Sinergi Event selaku panitia acara UKM Expo, Daryono, menjelaskan pihaknya menargetkan ribuan pengunjung yang akan hadir dalan rangkaian acara Pameran UKM Expo kali ini.

“Target saya sebanyak-banyaknya karena pameran ini menghadirkan berbagai jenis produk unggulan kelurahan di Kota Solo,” lanjutnya.

Peserta UKM Expo dari Kelurahan Sriwedari, Johan Yoga memamerkan produk busur dan anak panah asli Solo yang dijual paket lengkap senilai Rp1,2 jutaan. Selain itu peserta UKM Expo dari sketsa wajah lukisan, Hengki, menuturkan dirinya mengikuti kegiatan ini agar pemerintah lebih memperhatikan pelaku seni lukisan. Untuk produk lukis wajah langsung, dia mengaku membanderol mulai harga Rp50.00.

“Terima kasih Dinas Koperasi Surakarta telah memfasilitasi dan menyalurkan kreativitas kami secara gratis,” papar Hengki.

 

Penulis : Andi Sumarsono
Editor : Wahyu Setiawan