JIKA kita seorang karyawan, tapi gaji bulanan kita mepet, jangan risau. MANTEB.COM akan sedikit berbagi tentang pekerjaan sampingan yang jika dikerjakan dengan baik akan berbuah baik pula.

Bisnis atau usaha sampingan yang cocok buat karyawan adalah model bisnis yang tidak terlalu menuntut keterlibatan waktu secara penuh atau istilahnya adalah full time, yang artinya bisa dijalankan di sela-sela kesibukan dan selepas jam kerja. Ada beberapa peluang usaha yang bisa dicoba bagi kita yang masih berprofesi sebagai karyawan, di antaranya adalah :

1. Bisnis Online Shop
Bisnis online shop atau toko online merupakan usaha sampingan yang paling mudah dijalankan. Tinggal tentukan produk apa yang akan kita jual, lalu dengan berbekal ponsel, komputer atau laptop, dan akun sosial media, dan yang paling penting adalah kuota internet, kita sudah bisa berbisnis di sela-sela rutinitas pekerjaan kita. Kelebihan utama dari berbisnis daring adalah kita hanya berperan sebagai perantara atau reseller. Kalau ada pesanan datang, baru kita pesan ke distributor, sehingga tidak perlu ribet menyimpan barang terlalu banyak seperti halnya berjualan toko atau store offline.

2. Membuka Kios
Bisnis ini juga termasuk mudah dilakukan, yaitu membuka toko tradisional seperti kios fotocopy, toko kelontong, rental Playstation, warung kopi, dan lain sejenisnya. Ini bisa menjadi alternatif usaha dan ladang uang yang menjanjikan buat karyawan.

Kelebihan dari usaha ini adalah modalnya bisa disesuaikan dengan budget dan jam operasionalnya yang fleksibel. Untuk urusan buka tutup dan jam istirahatnya bisa dijalankan dengan cara kita sendiri yang mengaturnya. Jika sudah memiliki pegawai, itu adalah niali tambah, tapi jika belum mampu merekrut pegawai, bisnis ini bisa dikelola bersama keluarga. Jika dikelola dengan baik, usaha sampingan ini bisa memberikan tambahan pemasukan yang lumayan.

3. Membeli Franchise
Bila bingung mengawali usaha sendiri, kita pun bisa mempertimbangkan pola kemitraan dengan membeli franchise. Kelebihan dari franchise ini adalah usaha ini pengelolaan manajerialnya yang meliputi seperti halnya bahan baku, harga, branding, dan profit sharing-nya sudah ditentukan oleh pihak pemilik franchise. Sehingga kita hanya tinggal mencari lokasi jualan yang strategis untuk mendukung omzetnya.

Semakin terkenal produknya, harga franchise pun akan semakin mahal. Jadi kita harus pandai dalam memilih franchise yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Tapi jika kita perhatikan, saat ini banyak ditawarkan franchise kedai makanan dan minuman seperti kebab, burger, es krim, teh dan lain-lain dengan harga terjangkau.

4. Menjalankan Bisnis Keluarga
Mungkin beberapa dari kita ada yang terlahir dari lingkungan keluarga pengusaha, dan orang tua kita tersebut sudah menjalankan usahanya sejak kita belia. Ini adalah modal awal dan kesempatan yang bagus buat kita belajar berwirausaha. Kita bisa terjun langsung membantu menjalankan usaha orang tua atau bisnis keluarga. Dan tentunya, dalam hal ini dibutuhkan keahlian, ketekunan, dan inovasi agar usaha tersebut dapat terus maju dan berkembang.

5. Businesss on Passion
Jika kita punya hobi melukis, fotografi, menulis, memasak, bikin kue, bermain musik, atau hobi yang lainnya, nah hobi tersebut bisa menjadi modal awal kita bebisnis tanpa meninggalkan status karyawan. Di luar sana banyak orang yang berhasil menekuni usaha sampingan yang awalnya bermula dari hobi ini. Business on passion ini membutuhkan skill dan pengetahuan khusus, karenanya perlu terus belajar dan dilatih agar terus berkembang dan bisa menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.

Mungkin ini akan sedikit berguna bagi kita yang ingin mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan kita sebagai pegawai. Jika ditekuni dengan sabar dan ulet, bukan tidak mungkin penghasilan di luar kepegawaian kita tersebut malah bisa melebihi penghasilan bulanan kita sebagai pegawai.

 

Penulis : Dhika Lukmana
Editor : Wahyu Setiawan