SOLO, MANTEB.Com – Membuka usaha memang dapat menjadi suatu peluang bagi kita untuk menghasilkan uang sendiri. Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat menggiurkan. Kita bisa menjadi bos untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha kita tersebut sukses pasti akan sangat berlimpah.

Namun ada hal yang harus diingat, risiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar jika kita hanya sekadar gegabah dalam memulai usaha tersebut. Untuk itu, MANTEB.COM akan mengulas berbagai tips dalam memulai usaha.

1. Menganalisis jenis usaha
Kita harus memastikan bahwa usaha yang kita dirikan adalah jenis usaha yang kita minati. Sebab jika kita sudah menyukainya, kita akan selalu bersemangat dalam menjalaninya. Dan hal itu akan lebih baik bila minat kita tersebut ditunjang dengan keahlian dan pengalaman yang baik pula.

2. Rencanakan bisnis
Dengan menyusun konsep dengan baik, kita akan diperhadapkan dengan segala sesuatu yang kita rencanakan ke depan. Perencanaan ini mulai dari berapa biaya yang dibutuhkan, apa saja yang perlu dipersiapkan, dan kapan kita akan memulai usaha tersebut.

3. Siapkan modal
Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga pada akhirnya tidak segera jalan. Sebenarnya modal dapat dihasilkan dari beberapa masukan di antaranya adalah modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan juga bisa dengan sistem partnership.

4. Legal dan tidak melanggar peraturan
Hal ini juga terkait dengan nama yang akan kita torehkan dalam usaha kita. Jika usaha ini tergolong besar, kita wajib mendaftarkan nama usaha tersebut kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum. Yang perlu disiapkan di antaranya adalah dokumen-dokumen seperti akta pendirian perusahaan, nama perusahaan, hak atas nama perusahaan, pengakuan, dan pengesahan.

5. Perluas jaringan
Jaringan atau networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha kita. Kita dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha yang kita kerjakan. Hal ini dapat kita lakukan sebelum kita memulai usaha sendiri, sehingga pada saat kita mulai memasarkan produk atau jasa yang kita tawarkan, kita telah memiliki networking yang luas.

 

Penulis : Dhika Lukmana
Editor : Wahyu Setiawan