KUALA LUMPUR — MANTEB.COM — SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia kembali diwarnai kejadian yang tidak mengenakkan. Setelah sempat melakukan kesalahan cetak terhadap bendera Indonesia, kini giliran kesalahan memalukan dilakukan tuan rumah, justru terhadap negaranya sendiri.


Insiden itu terjadi di cabang olahraga (cabor) renang yang perlombaannya sudah berakhir sejak kemarin. Kesalahan tersebut terjadi pada nomor 50 meter gaya bebas putra yang berlangsung pada Jumat 25 Agustus 2017 lalu.

Hal itu dialami perenang Malaysia yakni Keith Lim Kit Sern yang disorot kamera ketika namanya diperkenalkan. Bukan, memasang bendera mereka sendiri yakni Malaysia, justru Keith diberi bendera negara lain yakni Singapura.

Tapi belum sampai disitu, setelah benderanya salah, singkatan untuk nama negaranya sendiri pun aneh. Malaysia yang seharusnya memakai singkatan MAS, malah menggunakan singkatan KUL. Tidak jelas negara mana yang memakai singkatan KUL, mungkin itu untuk menyebut Kuala Lumpur.

Kesalahan tersebut diketahui melalui akun Youtube, Sports Singapore yang juga menayangkan gelaran ajang SEA Games di Kuala Lumpur tahun ini. Tentu ini sesuatu hal yang memalukan bagi panitia pelaksana, apalagi itu untuk negaranya sendiri.

Kejadian salah bendera bukan hanya sekali terjadi. Setelah Indonesia, Brunei Darussalam juga mendapat kelalaian dari panpel SEA Games. Bendera Brunei yang dipasang di salah satu papan skor cabor renang indah di SEA Games 2017 salah karena itu merupakan bendera angkatan bersenjata kesultanan Brunei.