SOLO, MANTEB.Com – Solo Batik Carnival (SBC) ke-10 telah selesai digelar. Ragam pesona ditunjukan para penampil yang total berjumlah 235 orang. Selain itu, ada juga 80 peserta yang merupakan dua kelompok tamu dari Jember Fashion Carnival dan Cirebon Caruban Carnival.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dengan didampingi Wakil Wali Kota Achmad Purnomo membuka acara sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama para peserta mulai berjalan melintasi Jalan Slamet Riyadi hingga berakhir di Benteng Vastenburg.

Masyarakat yang telah berjejer rapi di sepanjang Jalan Slamet Riyadi sejak siang hari, terlihat menikmati ketika para penampil memamerkan kostumnya. Beragam kostum ditampilkan dalam SBC kali ini, semuanya merupakan buatan ulang dengan konsep kebaruan. Kostum dibuat sendiri oleh mereka yang sebelumnya juga pernah mengikuti atau menjadi peserta SBC.

SBC Ke-10 ini mengangkat tema Astamurti Kawijayan sebagai simbol kejayaan. Dari tema besar tersebut, dibagi menjadi enam sub tema yaitu Sekar Jagad, Wayang, Topeng Panji, Legenda, Mustika Jawa Dwipa, dan terakhir Jatayu yang menjadi maskot SBC X.

 

Penulis : Jatra H
Editor : Wahyu Setiawan

Geser ke kanan untuk gambar selanjutnya

 

Foto : Jatra H