PENGGALAN JALAN: Ini salah satu penggalan jalan kampung sekitar wilayah Donohudan yang melintas di Tol Soker. Pemudik diimbau ekstrawaspada, karena sedikitnya ada 54 perlintasan sebidang dengan jalan umum. (manteb.com/Basnando – lbc)

BOYOLALI, MANTEB.Com – Mulai hari ini, hingga 2 Juli, tol Solo-Kertosono ruas Solo-Ngawi sudah bisa dilalui pemudik. Jalan tol sepanjang 65 kilometer tersebut beroperasi dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Sejumlah kendaraan roda empat sudah melintasi tol Solo-Kertosono, ruas Solo-Ngawi sebagai jalur fungsional. Untuk arus mudik dibuka mulai Senin (19/6/2017) hingga Senin (26/6/2017). Adapun arus balik mulai Selasa (27/6/2017) hingga Minggu (2/7/2017).

Dirut Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno mengatakan, karena jalan tol ini hanya bersifat fungsioanal, pemudik diimbau untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Hal ini menyusul masih adanya 54 perlintasan sebidang dengan jalan umum. Selain itu, pemudik dibatasi memacu kendaraan maksimal 60 kilometer perjam.

“Masih fungsional, jadi pemudik juga harus hati-hati. Perlintasan sebidang ini masih menyatu dengan jalan umum. Kami mengimbau para pemudik harus ekstrawaspada,” kata David kepada MANTEB.COM.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko, saat melakukan sidak ke Tol Soker, berharap dengan dibukanya jalur ini sebagai jalur alternatif, bisa mengurangi angka kemacetan arus lalu lintas.

“Kami, Pemprov Jateng berusaha memberikan layanan terbaik, salah satunya dengan mengebut proyek jalan tol. Jalur fungsional ini diharapkan bisa memperlancar perjalanan dan mengurangi kemacetan di jalur reguler,” kata Heru.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan, selama pihaknya meninjau lokasi beberapa waktu lalu, ada beberapa penggalan jalan kampung yang dinilai membahayakan para pemudik.

“Alasannya karena overpass belum selesai dibangun, masih banyak kendaraan yang menyeberang di jalan tersebut, jadi pemudik harus hati-hati,” jelas Kapolres.

Namun tidak perlu dikhawatirkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah sekitar agar selalu siaga dan menyiagakan linmas di titik-titik rawan. Bahkan, aparat pengamanan lain akan ikut membantu di pos Ngasem, Klodran dan Kemiri. Jalan Tol Solo-Ngawi itu dibuka satu arah mulai hari ini ke arah Timur, dan ketika arus balik.

Penulis: Aritri, Jo Sandy

Editor: Lukas Budi