SIAP SAMBUT PEMUDIK: Terminal Tirtonadi, Solo siap untuk menyambut pemudik yang akan memasuki Kota Solo. (manteb.com/wahyu-way)

SOLO, MANTEB.Com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia kembali menggelar program mudik gratis untuk Lebaran tahun 2017 ini. Kemenhub menyediakan beberapa moda trasportasi untuk pemudik mulai dari moda bus, kereta api, kapal roro, hingga kapal laut.

Untuk Lebaran tahun ini, Kemenhub juga memfasilitasi pemudik yang akan membawa sepeda motornya ke kampung halaman. Dengan menggunakan moda bus, baik pemudik maupun sepeda motornya akan sama-sama diangkut.

Kemenhub menyediakan 176 bus untuk mengangkut 7.920 penumpang, dan 54 truk untuk mengangkut 2.457 sepeda motor. Sementara untuk arus baliknya, telah disediakan 44 bus untuk mengangkut 1.980 penumpang, dan 23 truk untuk mengangkut 1.053 sepeda motor.

Kota Solo menjadi salah satu tujuan dari mudik gratis dari Kemenhub, bersama delapan kota lainnya seperti Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta (PP), Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang (PP).

Menurut Koordinator Terminal Tipe A (dulu Kepala UPTD) Eko Agus Susanto mengatakan, Kota Solo melalui Terminal Tirtonadi akan menerima pemudik gratis dari Kemenhub pada tanggal 21 dan 22 Juni.

“Kita nanti pada tanggal 21 dan 22 Juni juga ditugasi oleh Kementerian Perhubungan untuk menerima arus mudik gratis dari kementerian,” kata Eko, saat ditemui MANTEB.COM di area Terminal Tirtonadi, Minggu (18/6/2017) siang.

Untuk mudik tahun ini, total terdapat 4.075 pemudik gratis dari Kemenhub yang akan masuk ke terminal. Dia menambahkan, ada 89 bus yang mengangkut pemudik, dan ada 13 truk yang mengangkut 685 kendaraan dari pemudik.

“Nah nanti pas motornya datang duluan, kita isi BBM, spionnya kita pasangi semua, kondisi kendaraan roda duanya sudah siap, dan kita menyerahkan kuncinya pada pemilik kendaraan,” tutur Eko.

 

Penulis : Wahyu Setiawan