PURBALINGGA —  MANTEB.Com — Granat jenis nanas ditemukan seorang penambang pasir Romli Aziz Harmono (32) warga Desa Banjaran RT 14 RW 7, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jumat (11/8/2017). Romli menemukan granat tersebut saat menambang pasir di Sungai Klawing.

Romli kemudian menyerahkan kepada Bhabinkamtibmas, Aipda Tofik Hidayat yang saat itu sedang berada di Balai Desa Banjaran. Mendapat penyerahan tersebut, kemudian Bhabinkamtibmas melaporkan kejadian ke Polsek Bojongsari.

Kapolsek Bojongsari AKP Tri Arjo Irianto mengatakan, setelah mendapat laporan dari Bhabinkamtibmas, selanjutnya Polsek berkoordinasi dengan Polres Pubalingga. Diduga granat tersebut dalam kondisi masih aktif karena pemicu masih menempel pada granat tersebut.

“Gambar temuan tersebut diperkirakan merupakan peninggalan jaman perang yang terbawa arus dan terpendam di sungai. Karena kondisinya sudah berkarat,” jelas Kapolsek.

Kapolsek sebagaimana dilansir TriBrataNews menambahkan, karena granat dapat meledak, kemudian Polres menghubungi tim Jihandak dari Kompi Brimob Purwokerto. Hal tersebut dilakukan agar granat temuan bisa dijinakkan sehingga tidak membahayakan.

Setelah tim Jihandak dari Brimob Purwokerto datang, kemudian granat diamankan dan dijinakkan di pinggir sungai dekat dengan lokasi penemuan. Setelah dipastikan aman kemudian tim Jihandak meninggalkan lokasi kembali ke markas.