(Kombes Pol Ahmad Lutfi/Instagram)

SOLO, MANTEB.com – Kombes Pol Ahmad Lutfi yang sudah dua tahun lebih menjabat sebagai Kapolresta Surakarta harus menempuh pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Jabatan yang ditinggalkannya, kini digantikan AKBP Ribut Hari Wibowo. Serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan di Polda Jawa Tengah, Selasa (14/3/2017) lalu.

Sehari kemudian pada Rabu sore, seusai upacara penyambutan kedatangan Kapolresta yang baru, dilaksanakan upacara pedang pora pelepasan Kapolresta lama. Suasana haru mengiringi upacara pedang pora untuk melepas Ahmad Lutfi beserta istri hingga di pintu utama Mapolresta Surakarta.

Tangis haru mengiringi detik-detik pelaksanaan upacara pedang pora hingga pelepasan. Terlebih lagi ketika sejumlah anggota dan perwira mengucapkan salam perpisahan kepada Ahmad Lutfi beserta istri. Sejumlah anggota terlihat tak kuasa menahan tangis.

Bagi Ahmad Lutfi, ada pesan, kesan dan harapan tersendiri. Dalam sambutan perpisahannya, dia tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran Polresta yang telah membantu melaksanakan tugasnya selama menjadi Kapolresta. Dirinya juga berharap kepada Kapolresta yang baru, secepatnya untuk bisa beradaptasi di lingkungan internal Polresta, tidak perlu pemanasan namun langsung tancap gas.

Di sisi lain, AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan langkah pertama yang akan ditempuh adalah melakukan koordinasi dengan seluruh  jajaran yang berada di Polresta. Dia juga memberikan pujian kepada Ahmad Lutfi yang menurutnya selama menjadi Kapolresta, telah berhasil menjaga keamanan Kota Solo. Mantan Kabag Bintar SDM Polda Jawa Timur ini berharap bisa melanjutkan amanah sebagai Kapolresta Surakarta untuk menciptakan situasi Kota Solo tetap aman dan kondusif dari berbagai hal.

 

Penulis : Dawam Rizawan Taufiq

Editor : Wahyu Setiawan