PENANDATANGANAN KERJA SAMA: Irawati Kusuma dan Wali Kota Cheongseong Korea Han Dong-soo menandatangani perjanjian kerja sama di Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Kamis (8/9/2016). (manteb.com/wahyu)

SOLO, MANTEB.com – Direktur Solo International Performing Arts (SIPA) Irawati Kusuma melakukan penandatanganan kerja sama seni kebudayaan dengan Wali Kota Cheongseong Korea Han Dong-soo di Rumah Dinas Wali Kota Surakarta di Loji Gandrung, Kamis (8/9/2016). Dalam perjanjian tersebut, dibahas mengenai aktivitas kepedulian terhadap perkembangan dan promosi kebudayaan universal.

MOU SIPA 2

Irawati Kusuma memberika cendera mata kepada Wali Kota Cheongseong Korea Han Dong-soo (manteb.com/wahyu)

Kerja sama ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam pergelaran SIPA. Perjanjian ini sebagai bentuk pertemanan dan berkelanjutan dalam bekerja sama kebudayaan dan kesenian.

Dalam pertemuan tersebut, selain penandatanganan kerjasama, dilakukan pula penukaran souvenir cendera mata dari kedua belah pihak. Irawati dari perwakilan SIPA memberikan cendera mata keramik kepada Han Dong-soo. Pemilihan keramik sebagai cendera mata, diakuinya karena Han Dong-soo menyukai keramik. Cendera mata juga diberikan oleh Han Dong-soo kepada Irawati dalam bentuk ceret dan cangkir khas Korea.

 

Wakil Wali kota Surakarta Achmad Purnomo turut hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam kesempatan tadi, Achmad Purnomo memberikan cendera mata berupa keris kepada Han Dong-soo. Cendera mata berupa keris merupakan bentuk peninggalan seni budaya yang ada di Indonesia.

MOU SIPA 3

Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo memberikan cendera mata berupa keris kepada Wali Kota Cheongseong Korea Han Dong-soo (manteb.com/wahyu)

Dalam sambutannya, Achmad Purnomo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya SIPA di tahun ini. Dia secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada Irawati Kusuma yang telah bersusah payah melanjutkan dan menggelar SIPA tahun 2016 ini.

SIPA akan mulai diselenggarakan pada hari ini, hingga 10 September 2016 mendatang di Benteng Vastenburg Solo. Tahun 2016 ini merupakan pergelaran SIPA yang ke-7 kalinya. Di tahun ke-7, SIPA mengusung tema “Mahaswara” dengan Peni Candra Rini sebagai maskot.

 

 

 

Penulis : Wahyu Setiawan

Editor : Lukas Budi Cahyono