IDUL ADHA: Ratusan masyarakat saat Salat Idul Adha, di halaman Balaikota Solo, Jumat (1/9/2017) pagi.

SOLO, MANTEB.Com – Ratusan masyarakat hingga sejumlah pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta Salat Idul Adha, di halaman Kantor Balikota Surakarta, Jumat (1/9/2017) pagi. Tampak di sana, Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo, sejumlah Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) hingga masyarakat berbaur bersama.

Tepat pukul 06.10 WIB, salat dimulai dan dipimpin langsung oleh KH. Thoha Mustofa al hafidz yang juga Imam Masjid Al Wustho Mangkunegaran.  Sedangkan Prof. Dr. KH Nasruddin Baidan MA dari IAIN Solo, bertindak sebagai Khotib. Dalam ceramahnya, Prof. Dr. KH Nasruddin Baidan MA meminta kepada manusia untuk meninggalkan sifat buruk, disaat Idul Adha seperti ini.

“Disaat kita melakukan kurban, disaat itupulah kita meninggalkan hal buruk yang ada dalam diri kita. Agar kita menjadi manusia yang peduli,” ujarnya.

Tak lupa ia juga mencontohkan, salah satu sifat buruk hewan yang harus ditinggalkan, yakni keberadaan hewan di Tempat Pembungan Akhir (TPA), hewan tersebut tak tahu apa yang dimakan, apapun ia makan demi merasa kenyang.

“Hal inilah yang harus kita tinggalkan, kita harus peduli dengan sekitar, jangan sampai hal seperti itu membuat kita menjadi lupa,” harapnya.

 

Penulis: Radit
Editor: Widiyanto