BERLUBANG: Beberapa ruas jalan di Sragen yang dilalui truk masih terlihat berlubang dan belum diperbaiki. (manteb.com/arif-way)

SRAGEN, MANTEB.com – Berbagai kerusakan jalan masih banyak didapati di ruas jalan di daerah Sragen, Jawa Tengah. Salah satunya ruas jalan jalur selatan milik kabupaten, yang hingga kini masih mengalami kerusakan dan belum bisa tersentuh perbaikan.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum memperlihatkan bahwa kegiatan perbaikan tidak bisa dilaksanakan pada Bulan April ini. Untuk Bulan April saat ini masih dalam tahap persiapan lelang, sementara untuk akhir April masih dalam tahap pengumuman pemenang lelang. Setelah itu, awal Mei diperkirakan baru akan dimulai pekerjaan perbaikan jalan hingga bulan Desember mendatang. Itu artinya bahwa saat musim mudik tiba, jalan tersebut belum kelar dari tahap pengerjaan.

Kepala Dinas Perhubungan Sragen, Muhari menyebutkan saat pelaksanaan nantinya pihaknya mewacanakan pembangunan yang ruas jalan lurus terlebih dahulu. Sementara untuk ruas jalan yang masih ada tikungan untuk bisa dilaksanakan usai lebaran. Hal ini untuk menghindari kemacetan akibat adanya truk yang memutar arus atau belok dan terganggu pekerjaan.

“Pembangunan untuk tikungan-tikungan yang butuh manuver itu sementara jangan dibangun dulu, sehingga saat lebaran bisa dibuat manuver bus. Sehingga yang dibangun itu nanti ruas-ruas jalan yang lurus,” kata Muhari.

Untuk melintas di wilayah Sragen dari arah Solo tersedia tiga jalur yakni jalur lingkar utara, jalur tengah, dan jalur selatan. Beberapa jalur selatan diketahui saat ini merupakan milik kabupaten dan baru diperbaiki sebagian. Untuk ruas jalur utara merupakan milik provinsi. Sementara jalur tengah sebagian jalur merupakan milik provinsi, dan sebagian milik kabupaten. Untuk kemungkinan penggunaan tol Soker, Muhari mengaku pihaknya akan menyesuaikan seusai perkembangan atau pencapaian dari pembangunan tol Soker di wilayah Sragen.

 

Penulis : Arif Nuryanto

Editor : Wahyu Setiawan