OLAH TKP: Satlantas Polres Semarang olah TKP kecelakaan maut di Bawen, Rabu (30/8/2017) siang.

KABUPATEN SEMARANG, MANTEB.Com – Petugas Satlantas Polres Semarang menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan beruntun yang menewaskan lima orang di Jalan Raya Semarang – Solo, Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang, Rabu (30/8/2017) siang. Dari hasil sementara olah TKP diketahui penyebab kecelakaan karena rem truk trailer tidak berfungsi.

Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kecelakaan beruntun yang menewaskan lima orang dan enam luka-luka, petugas Satlantas Polres Semarang menggelar olah TKP yang kedua, setelah tim Technical Analysis Accident (TAA) Ditlantas Polda Jawa Tengah menggelar olah TKP di lokasi kejadian, dengan menggunakan sistem fisik berbasis teknologi. Ini dilakukan untuk mengetahui detail kejadian kecelakaan.

Baca juga: Ini Nama Para Korban Laka Maut di Bawen

(Olah TKP kecelakaan maut di Bawen)

Olah TKP mencari merekam jejak yang ada di lokasi kemudian diolah dalam computer, hingga menjadi simulasi awal. Dengan sistem ini akan diketahui detail kecepatan truk, serta tahapan kejadian. Hasil animasi  akan memperjelas rekonstruksi kecelakaan.

“Olah TKP ini kami menggunakan fisik berbasis teknologi, nanti akan dimasukkan aplikasi. Tentunya nanti dapat melakukan identifikasi pergerakan dari ketiga kendaraan tersebut, yang pertama truk tronton, yang kedua truk box dan truk kayu. Untuk sementara diduga  kecelakaan diakibatkan di luar kontrol daripada rem.” Ujar Kasatlantas Polres Semarang AKP Dwi Nugroho.

kecelakaan beruntun yang melibatkan satu truk kontainer menyebabkan lima orang meninggal dunia di lokasi kejadian dan enam lainnya mengalami luka-luka. Selain itu enam motor yang diparkir mengalami kerusakan parah.

 

Penulis: Tata Rahmanta
Editor: Widiyanto