Ilustrasi (manteb.com)

  • Memenuhi Kebutuhan Selama Ramadan dan Lebaran

JAKARTA, MANTEB.Com – PT Pertamina (Persero) akan menyiagakan agen dan pengecer LPG selama Ramadan dan perayaan Lebaran 1438 Hijriyah. Hal ini untuk mengantisipasi kekhawatiran masyarakat akan langkanya LPG selama Ramadan dan jelang Lebaran.

Dalam rilisnya, Pertamina memperkirakan beberapa jenis bahan bakar minyak dan LPG akan mengalami peningkatan kebutuhan. Konsumsi BBM seperti tahun-tahun sebelumnya akan meningkat sekitar 15%, adapun LPG untuk rumah tangga diperkirakan akan meningkat sekitar 8%. Untuk memenuhi kebutuhan LPG tersebut, PT Pertamina (Persero) akan menambah pasokan LPG bagi masyarakat.

Keterangan tersebut disampaikan Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina (Persero), Gigih Wahyu Hari Irianto saat Konferensi Pers Posko Nasional ESDM dalam menyambut Bulan Ramadan dan Idul Fitri di Jakarta.

Gigih menambahkan, LPG merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama saat Ramadan dan Lebaran, di mana konsumsi LPG cenderung mengalami peningkatan.

“Konsumsi LPG bagi rumah tangga, kami perkirakan akan meningkat sebesar 8% pada saat puasa dan Lebaran, karena itu kita telah mempersiapkan berbagai macam skenario terkait dengan pasokan LPG ini untuk mengatasi peningkatan kebutuhan tersebut,” jelas Gigih.

Rantai Distribusi
Menurut Gigih yang paling krusial dari LPG ini adalah penjualan di outlet atau di tingkat pengecernya. Rantai distribusi LPG relatif panjang untuk itu seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagai langkah antisipasi Pertamina akan menambah pasokan LPG ke pasar agar dapat menghindari kelangkaan akibat hirarki distribusi.

“Dengan tambahan pasokan LPG dari kita, kemudian ditambah lagi dengan effort khusus kebutuhan LPG masyarakat dapat terpenuhi, saya yakin kebutuhan LPG ini bisa aman,” tandas Gigih seperti dilansir www.esdm.go.id.

Sebagai langkah antisipatif menghindari kelangkaan di Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina menyiagakan “Pangkalan dan Pengecer Siaga LPG 2017” yang akan beroperasi secara penuh. Diharapkan dengan petugas-petugas siaga ini maka kelangkaan LPG tidak lagi terjadi.

Penulis/Editor: Lukas Budi