EVAKUASI KORBAN: Kepolisian dibantu para relawan serta warga sekitar mengevakuasi jenazah korban kecelakaan tunggal bus PO Solaris Jaya, Minggu (26/2/2017) lalu di Tawangmangu, Karanganyar. (manteb.com/dok-way)

KARANGANYAR, MANTEB.com – Polisi memastikan penyebab minibus Solaris Jaya terjun ke jurang di Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (26/2/2017) lalu adalah kelalaian manusia atau human error. Hal itu disampaikan Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Ahdi Rizaliansyah saat paparan akibat kecelakaan bus Solaris Jaya bersama Tim Terpadu Penanggulangan Kecelakaan Lalu Lintas di kantor Satpas SIM Satlantas Polres Karanganyar, Selasa (7/3/2017).

Kasatlantas mengatakan bahwa faktor dominan penyebab kecelakaan minibus itu adalah kelalaian manusia, dan sopir tidak mengenal medan. Selain itu juga faktor teknis, di mana seharusnya ada pengecekan kendaraan sebelum berangkat. “Kalau penyebab teknis seperti rem dan lain-lain menunggu detail hasil penyelidikan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Semarang,” ujar Kasatlantas.

Pertemuan Tim Terpadu Penanggulangan Kecelakaan Lalu Lintas tersebut dihadiri sejumlah stakeholders bidang lalu lintas seperti Satuan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman, Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dan Penataan Ruang Kejaksaan Negeri Karanganyar, juga membicarakan hasil analisis dan evaluasi (anev) kecelakaan minibus tersebut.

Dari pembentukan tim itu diharapkan terjadi sinergi antar-stakeholders saat menangani kecelakaan. Nantinya tim akan bertemu kembali membahas kebijakan lalu lintas di jalur lama atau Gondosuli, Tawangmangu/dan jalur tembus Tawangmang.

 

Penulis : Johanes Sandy

Editor : Wahyu Setiawan