DIKEBUMIKAN: Jenazah Prof Brodjo saat akan dikebumikan, Senin (8/5) siang. (manteb.com/dok)

SOLO, MANTEB.com РPendiri Universitas Surakarta (UNSA) dan Akademi Sekretaris Dan Manajemen (ASMI) Solo,  Prof Dr H Soemardjono Brodjo Sudjono SH MS meninggal dunia pada Minggu (7/5) malam sekitar pukul 23.10 WIB. Beliau meninggal pada usia 69 tahun setelah menderita sakit jantung dan paru-paru.

Prof Brodjo mengembuskan nafas terakhir di rumah  sakit PKU Muhammadiyah Solo. Jenazah dimakamkan di Astana Pracimaloyo Makamhaji Kartasura, Sukoharjo, Senin (8/5) siang pukul 14.00 WIB.

Menurut salah seorang menantu Prof Brodjo, Poernomo Warasto, almarhum tiba-tiba jatuh sakit pada Minggu (7/5/2017) siang, sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu juga langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo dan menjalani perawatan di ruang ICU.

Sementara itu menurut putra pertama Prof Brodjo, Arya Surendra, dalam sepekan ini kondisi almarhum memang menurun. “Ya seperti masuk angin itu,” ujar Arya. Selama ini menurut Arya, ayahnya tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Prof Brodjo dikenal sebagai sebagai sosok yang memiliki dedikasi tinggi pada bidang pendidikan. Karier pertama setelah meraih gelar sarjana dari Universitas Tujuh Belas agustus (Untag) pada 1976 adalah mengajar di Akademi Katolik St Pignatelli Solo. Setahun kemudian, ia bersama kakak pertamanya, Soemaryono mendirikan SMA Pancasila. dua tahun berikutnya, ia tertarik mendirikan ASMI yang merupakan cabang ASMI Jakarta.

 

Penulis : Dawam Rizawan Taufiq

Editor : Wahyu Setiawan