Ilustrasi (manteb.com-dok/Prima Kusuma)

 

PATI, MANTEB.COM – Puluhan rumah warga di Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo, Pati, rusak berat setelah di terjang angin puting beliug Sabtu (12/11/2016). Angin yang datang secara tiba-tiba tersebut, membuat warga panik menyelamatkan diri. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan data yang sudah terkumpul, sebanyak 78 rumah mengalami kerusakan, 15 diantaranya rusak berat. Kerusakan rata-rata pada bagian atap, genting, serta dinding rumah, akibat kuatnya terjangan angin. Beruntung, terjangan angin tidak menimbulkan korban jiwa. Ini di karenakan saat peristiwa berlangsung, warga segera menyelamatkan diri. Namun kerugian akibat kerusakan rumah warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain merusak rumah warga, angin juga mengakibatkan pohon-pohon tumbang.

Menurut Kepala Desa Baturejo, Nur Subianto terjangan angin puting beliung terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.
“Sebelum angin menerjang terdengar gemuruh dari arah barat angin pun datang menyapu desa tersebut” ujar Nur Subianto.

Hingga Sabtu siang sejumlah warga dibantu BPBD, anggota TNI-Polri dan sejumlah relawan masih bergotong royong,  memperbaiki rumah rusak, serta memasang tiang penyangga, bagi rumah yang mengalami kemiringan. Sejumlah bantuan juga sudah disalurkan kepada korban. Diantaranya dari PMI Pati yang memberikan bantuan uang tunai serta sembako untuk kebutuhan.
Penulis : Agus Atha
Editor : Lukas Budi Cahyono