Warga berjalan di atas lukisan tiga dimensi di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar 

KARANGAYAR, MANTEB.Com – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun(HUT) ke -72 Republik Indonesia (RI)  warga Serut, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar melukis sepanjang jalan kampung miliknya. Beraneka ragam lukisan terpampang di  depan rumah mereka, gambar lukisan  tiga dimensi pun tidak luput dari karya warga serut ini. Uniknya  gambar tiga dimensi itu dilukis secara otodidak oleh warga setempat di tiga ruas jalan cor beton dusun serut.

Adalah Agus Sukoco yang mengawali melukis di jalan  tersebut.  Agus mulai melukis awalnya ada sisa cat dari Ketua RT 04 serta dari  sponsor pengecatan gapura, kemudian ia memakainya untuk melukis blok-blok warna di jalan depan rumahnya. Ternyata hasilnya bagus, ia pun dibantu warga dan pemuda Serut melukis warna-warni di sepanjang ruas jalan .

Tiga ruas jalan di Serut pun berubah menjadi bidang gambar dua dimensi dan tiga dimensi, dengan panjang masing-masing 150 meter dan lebar 3 meter. Agus  membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk menyelesaikan satu bidang gambar.

Agus bersama warga lainnya mengaku tak rugi mengorbankan waktu dan patungan membeli bahan maupun peralatan untuk melukis. Jerih payah mereka terbayar dengan hasil. Jalan yang awalnya polos  berubah menjadi galeri seni yang semakin moncer setelah diunggah ke media sosial. Biasanya warga menunggu saat matahari tak terlalu terik untuk berswafoto di jalanan. Pengambilan gambar pada cahaya rendah seperti pagi dan petang akan menguatkan efek gambar tiga dimensi. Meski telah berubah menjadi galeri seni, tetap saja fungsi jalan tak boleh diubah, pengguna kendaraan bermotor dipersilakan melintas tanpa perlu khawatir lukisan bakal luntur.

” kita merasa tak rugi menyisihkan waktu  waktu dan patungan membeli bahan-bahan untuk melukis. hasilnya jkuga memuaskan,  awalnya jalan ini polos, kini jadi galeri seni.” Ujar Agus

Sementara itu salah satu warga Martini merasa senang dengan adanya kreatifitas warga di kampungnya. Setelah dilukis warna-warni dan tokoh kartun, anak anak balita suka main di jalan kampung untuk melihat lukisan-lukisan kartun dan gambar 3 dimensi tersebut.

“jalan ini sekarang bisa dimanfaatkan buat foto, anak -anak juga senang main sama gambar-gambar  ini.” Tutur Martini.

 

(Seorang anak berlari di jalan yang penuh dengan lukisan)

(Warga berada di jalan kampung yang dilukis)

 

Bagi Warga Serut RW XII, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten berfoto dengan latar gambar tiga dimensi dan lukisan warna warni  menjadi kegiatan mengasyikkan. Cukup dengan melangkah ke luar rumah, warga bebas memilih spot sesuai selera. Misalnya berdiri di gambar jembatan gantung,  kolam ikan dan papan  berselancar.

 

Penulis : Johanes Sandy
Editor : Widiyanto