(Ketua MPR RI Zulkifli Hasan)

YOGYAKARTA, MANTEB.Com – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)  Zulkifli Hasan meminta masyarakat untuk tidak memperdebatkan Pancasila.  Pancasila adalah simbol persatuan dan bukan untuk didebatkan, karena keberadaan Pancasila sudah jelas.

Kepada Manteb.Com  Zulkifli menegaskan Pancasila harus dilihat sebagai lambang pemersatu bangsa. Perdebatan tidak sehat dinilai  dapat membuat masyarakat saling mencap buruk satu sama lainnya.

Hal yang harus diperdebatkan menurut ketua MPR RI  adalah  bagaimana Pancasila menjadi kenyataan dalam prilaku sehari hari, ekonomi  serta bagaimana Pancasila melahirkan undang-undang dan peraturan yang menjiwai nilai nilainya.

“Pancasila itu pemersatu, oleh karena itu jangan dipake untuk stempel orang. Yang kita perdebatkan bagaimana Pancasila itu mejadi kenyataan. Kenyataan dalam perilaku sehari hari, kenyataan dalam ekonomi, kenyataan dalam melahirkan undang -undang, melahirkan peraturan yang harus dijiwai dengan itu.” Tutur Zilkifli.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi Negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta, yakni pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Isi pancasila adalah sebagai berikut :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan dan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Penulis : Adam
Editor : Widiyanto