(ilustrasi pasar/dok)

SEMARANG, MANTEB.Com – Harga beberapa bahan pokok merangkak naik menjelang puasa. Dari pantauan di Pasar Tradisional Peterongan Semarang, bahan pokok yang mengalami kenaikan harga antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai merah keriting, telur, gula pasir, minyak goreng yang mengalami kenaikan secara bertahap.

Mulyadi, salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Peterongan mengatakan, kenaikan harga bawang putih sebesar 50% dari harga semula Rp 30 ribu per kilogram kini menjadi Rp 60 ribu. Kenaikan terjadi sejak ‎seminggu yang lalu.

Untuk harga telur juga mengalami kenaikan dari harga semula Rp 16 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 21 ribu. Untuk harga bawang merah juga mengalami kenaikan dari harga Rp 20 ribu per kilogram kini menjadi Rp 26 ribu. Harga gula pasir dari Rp 13 ribu menjadi Rp 13.500 per kilogram, dan minyak goreng juga mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilogramnya.

Sementara untuk harga cabai merah keriting dipatok Rp 35 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 20 ribu. Sedangkan cabai merah besar yang sebelumnya Rp 25 ribu kini menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya.

Salah satu pembeli di Pasar Peterongan, Sulistyo mengatakan, ia terpaksa mengurangi pembelian bawang putih yang biasanya ia beli 1 kilogram hingga setengah kilogram. Kini setelah harga bawang naik, ia hanya membeli seperempat kilogram saja karena hanya bawang putih yang mengalami kenaikan harga paling signifikan.

Merangkak naiknya harga sejumlah bahan pokok tersebut karena stok di pasaran tak mampu memenuhi permintaan pembeli. Di sisi lain, permintaan konsumen juga tergolong tinggi sehingga cukup memengaruhi kenaikan harga secara signifikan.

 

Penulis : Vita Astuti

Editor : Wahyu Setiawan