TERJADI LONJAKAN: Sudah terjadi lonjakan jumlah kendaraan yang masuk pintu tol Klodran sejak dibuka pertama Senin (19/6/2017) kemarin. (manteb.com/wahyu-way)

KARANGANYAR, MANTEB.Com – Sejak dibuka secara fungsional pada hari Senin (19/6/2017) kemarin, terpantau sudah mulai terjadi lonjakan jumlah kendaraan yang masuk ke pintu tol Klodran. Hingga siang ini, empat hari jelang Lebaran, tercatat total sudah 2.326 kendaraan yang masuk pintu tol.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Polres Karanganyar, IPTU Sutarno saat meninjau pintu tol Klodran, Rabu (21/6/2017) siang mengatakan, lonjakan memang sudah terjadi sejak hari pertama pintu tol Klodran dibuka.

“Dari pertama dibuka tgl 19 Juni hingga saat ini terjadi lonjakan-lonjakan,” kata Sutarno kepada MANTEB.COM.

Dia menerangkan, dari data mesin penghitung, untuk hari pertama dibuka total terdapat 583 kendaraan yang masuk. Hari berikutnya tanggal 20 Juni, total terdapat 1.001 kendaraan yang masuk. Kemudian hingga siang ini pukul 12.45, dari data yang dihimpun tim penjaga pintu masuk tol Klodran, terdapat 742 kendaraan yang masuk.

Pihaknya memprediksi jumlah kendaraan yang masuk akan semakin meningkat jelang Lebaran, tepatnya pada H-2 dan H-1 nanti.

Sementara itu untuk mengantisipasi antrean dan kepadatan kendaraan yang hendak masuk pintu tol Klodran, pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan pos penjagaan di sekitar. Mengingat jalan masuk pintu tol Klodran cukup sempit.

“Kita selalu koordinasi dengan Satlantas Polresta Surakarta karena di sebelah timur kita wilayah Polresta Surakarta. Apabila ada kepadatan, kita prioritaskan pengendara yang mudik. Nanti yang dari sini kita prioritaskan untuk masuk ke tol hingga pukul 17.00 WIB,” papar Sutarno.

Pintu tol Klodran ini merupakan salah satu pintu masuk dari arah Yogyakarta, menuju ke arah timur. Dengan melalui tol Solo-Kertosono ini, diharapkan mampu mengurai kepadatan saat musim mudik dan balik Lebaran.

 

Penulis : Wahyu Setiawan