NASIHATI PELANGGAR: Para Polisi Cilik (Pocil) saat nasihati salah satu pelanggar dalam Operasi Simpatik 2017 di Grobogan, Minggu (5/3/2017). (manteb.com/priyo-way)

GROBOGAN, MANTEB.com – Berbagai cara dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Grobogan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Bertepatan dengan momen Operasi Simpatik 2017, Satlantas Polres Grobogan menggelar Operasi Simpatik di Jalan R Soeprapto, Purwodadi, Minggu (5/3/2017). Namun berbeda dengan biasanya, operasi kali ini dihadiri anak-anak yang tergabung dalam Polisi Cilik Grobogan.

Para Pocil, sebutan Polisi Cilik, dilibatkan untuk ikut memberi teguran kepada para pelanggar. Teguran sengaja diberikan oleh Pocil, agar pelanggar merasa malu sehingga tidak mengulangi pelanggaran. Dengan gayanya yang polos khas anak-anak, Pocil memberikan nasihat kepada para pelanggar supaya bisa tertib.

“Jangan lupa pakai helm. Yang kecil aja pake helm, masa yang besar tidak malu tidak pake helm,” ujar para Pocil saat menasihati salah satu pelanggar.

Salah satu pelanggar, Dwi mengakui malu dan berjanji tidak akan mengulangi pelanggaran. “Yo malu pak (saat dinasihati anak-anak kecil). Ya kalo boncengin temen, temennya suruh pakai helm,” ungkap Dwi sembari tertawa malu.

Dalam Operqasi Simpatik 2017, polisi akan fokus untuk memberikan pembinaan ketimbang penindakan. Hal itu dilakukan supaya para pengguna jalan bisa lebih tertib dalam berlalu lintas. Operasi Simpatik dimulai tanggal 1 Maret hingga 21 Maret 2017 mendatang.

 

Penulis : Priyo

Editor : Wahyu Setiawan