PECAH KACA: Bus yang saling bertabrakan mengalami kaca pecah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. (manteb.com/tata-way)

SEMARANG, MANTEB.Com – Empat dari sembilan bus yang membawa rombongan jemaah calon haji asal Brebes mengalami kecelakaan beruntun di pintu masuk SPBU Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Tidak ada korban dalam kejaadian ini, namun akibat kecelakaan tersebut puluhan jemaah terlantar tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Jemaah calon haji kloter 52 terlantar di SPBU Karangduren, Kecamatan Tengaran karena menunggu bus jemputan lain.

Kejadian bermula ketika sembilan bus berjalan beriringan dengan kecepatan tinggi mengangkut 352 jemaah calon haji dari Brebes. Setelah sampai di lokasi kejadian sekitar pukul 07.00, mendadak mobil polisi yang mengawal bus belok kanan ke SPBU tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Bus yang berada di belakang berusaha mengurangi laju. Namun karena jarak terlalu dekat dan dalam kecepatan tinggi, empat bus saling bertabrakan.

“Itu yang mengawal (mobil polisi) masuk pom bensin mendadak, karena gak nyandak (tidak sempat) ngerem, akhirnya dor dor dor, empat-empatnya menabrak belakangnya (bus),” tutur Rofii, salah satu sopir bus.

Empat bus mengalami kerusakan di bagian kaca depan dan bodi belakang hingga tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Asrama Haji Donohudan. Untuk lima bus yang tidak rusak meneruskan perjalanan, dan akan kembali menjemput jemaah calon haji yang busnya rusak.

Meski mengalami kecelakaan, diperkirakan tidak mengganggu jadwal perjalanan haji yang telah ditetapkan Kementerian Agama. Akibat kejadian ini, arus lalu lintas Jalan Raya Semarang-Solo dari kedua arah mengalami kemacetan. Saat ini kasus kecelakaan ditangani petugas Satlantas Polres Semarang.

 

Penulis : Tata Rahmanta
Editor : Wahyu Setiawan