(gambar: hewan kurban)

BOYOLALI, MANTEB.Com – Tak hanya pedagang hewan kurban yang meraup untung besar, jasa penitipan hewan kurban juga kebanjiran order menjelang Hari Raya Idul Adha seperti ini. Panitia kurban sengaja menitipkan hewan kurban karena kesulitan memelihara hingga hari H.

Salah satu tempat penitipan hewan kurban yang laris yaitu milik Sabar, warga Ngemplak, Boyolali. Dirinya bahkan mengaku kewalahan karena banyaknya sapi dan kambing yang dititipkan.

Setidaknya saat ini ada ratusan kambing dan puluhan sapi kurban yang dititipkan di tempatnya. Sabar menjelaskan, setiap satu ekor kambing dikenai biaya penitipan sebesar Rp15 ribu hingga Rp25 ribu. Kemudian untuk sapi berbeda lagi biayanya. Biaya tersebut digunakan untuk perawatan dan makan hewan.

“Kalau sapi yang harga Rp16 juta hingga Rp17 juta, ya Rp15 ribu (untuk biayanya). Kalau yang harga Rp25 juta ya biayanya Rp25 ribu,” ujar Sabar, saat ditemui di tempat penitipan hewan kurban miliknya, Kamis (31/8/2017).

“Yang mahal itu daunnya, satu ikat itu Rp50 ribu,” lanjut Sabar.

Keberadaan penitipan hewan kurban ini sangat membantu warga karena selain tidak ada yang merawat, warga banyak yang tidak memiliki lahan untuk hewan kurban tersebut.

“Lha tempatnya kan tidak ada di sana, yang memelihara siapa. Itu bahkan yang dua bulan titip ya ada,” tutur Sabar.

 

Penulis : Aritri Cahyaningsih
Editor : Wahyu Setiawan