MEMASANG BARIKADE: Sejumlah petugas dari Dishub Surakarta tengah memasang barikade di Jalan Slamet Riyadi, Kamis (31/8/2017) siang. (manteb.com/nando-way)

SOLO, MANTEB.Com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang sejumlah barikade dan water barrier di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kamis (31/8/2017) siang. Pemasangan barikade tersebut dalam rangka mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas selama tiga hari ke depan.

Beberapa barikade dipasang di antaranya di simpang tiga Faroka, hingga simpang tiga Kerten. Sedangkan water barrier dipasang dari Kerten hingga bundaran Purwosari.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo menjelaskan, pemasangan barikade dan water barrier di Jalan Slamet Riyadi tersebut merupakan bentuk rekayasa lalu lintas jelang Idul Adha 1438 H yang jatuh pada Jumat (1/9/2017).

“Dishub menerapkan sistem rekayasa lalu lintas di beberapa titik crossing untuk mencegah kemacetan lalu lintas,” kata Ari.

Selain memasang barikade, lanjut Ari, pihaknya juga siap langsung terjun ke lapangan untuk melakukan patroli, memantau langsung traffic lalu lintas selama libur Idul Adha. “Kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas (Surakarta), untuk membantu menyiagakan personel yang bisa langsung diterjunkan ketika terjadi kemacetan,” lanjut Ari.

Selama libur Idul Adha nanti, Dishub akan terus melakukan pemantauan lalu lintas melalui CCTV dan patroli lapangan di malam takbiran nanti. Jika terjadi kemacetan mendadak, pihaknya pun berjanji akan siaga menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Kami akan terus siaga menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan mendadak. Pemasangan barikade ini sampai hari Senin (4/9/2017),” papar Ari.

 

Penulis : Basnando
Editor : Wahyu Setiawan