(ilustrasi/tes urin)

SUKOHARJO, MANTEB.Com – Komitmen Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam memerangi narkoba terus dilakukan. Sebanyak 1.300 pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah Kabupaten Sukoharjo mengikuti tes urine narkoba, Selasa (16/5/2017).

Hingga tanggal 24 Mei mendatang, pemeriksaan urin dilakukan secara bertahap kepada PNS. Untuk pemeriksaan tiap hari dilakukan kepada 200-an PNS secara terjadwal dengan menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo. Pemeriksaan kali ini terdapat enam parameter dalam deteksi narkoba.

Menurut Kabid Pembinaan dan Informasi Data Aparatur Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Wisnu Murti menyebutkan, pemeriksaan kadar narkoba akan dilaksanakan di laboraturium RSUD. “Hasil dari tes urin baru bisa diketahui secara keseluruhan pada besok pagi (Rabu),” ujar Wisnu.

Wisnu menyebutkan, tahun lalu pemeriksaan serupa juga dilaksanakan pada PNS di Sukoharjo. Hanya saja tahun lalu PNS yang diperiksa lebih sedikit dibandingkan tahun ini, yaitu mencapai 1200 PNS.

Bagi yang didapati positif, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebabnya. Menurutnya, ada tidaknya sanksi akan tergantung dari hasil pemeriksana lanjutan.

 

Penulis : Arif Nuryanto

Editor : Wahyu Setiawan